Rabu, 02 Desember 2020

Jenis Burung Ciblek Lengkap

Jenis Burung Ciblek Lengkap - Salah satu jenis burung kecil yang sangat familiar adalah burung ciblek, karena burung ini mudah di jumpai di pekarangan rumah pedesaan meski kini semua daerah masih ada. Burung ciblek atau biasa dikenal dengan sebutan burung prenjak.


Jenis Burung Ciblek Lengkap


Macam-macam Jenis Burung Ciblek

Beberapa jenis burung ciblek yang populer di Indonesia memang memiliki postur tubuh yang kecil dan suara kicauan yanog unik. Ada 5 spesies burung ciblek atau perenjak yang sangat populer dikalangan kicaumania Indonesia, yakni:

  • Perenjak Gunung (Prinia Superciliaris), atau sering disebut ciblek gunung.
  • Perenjak Jawa (Prinia Familiaris) atau lebih dikenal sebagai ciblek semi/ciblek kebun.
  • Perenjak Rawa (Prinia Flaviventris), atau kerap disebut ciblek rawa.
  • Perenjak Padi (Prinia Inornata), atau dikenal sebagai ciblek pare/ciblek sawah.
  • Perenjak Cokelat (Prinia Polychroa), atau disebut ciblek alang-alang.

Meskipun burung ciblek terdiri dari beberapa jenis yang cukup populer, keberadaan burung ini semakin disayangkan karena bisa dikatakan hampir punah. Berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis ciblek yang ada di Indonesia dan sering diperlombakan.

Berikut ini informasi sekilas tentang lima jenis burung ciblek tersebut, dilengkapi dengan suara kicauan aslinya untuk terapi maupun sebagai pemancing bunyi burung sejenis.

1. Ciri-ciri Burung Ciblek Gunung

Burung perenjak gunung/hill prinia (Prinia Superciliaris), atau dikenal dengan sebutan ciblek gunung, sangat populer dikalangan kicaumania Indonesia, baik sebagai masteran maupun untuk dilombakan.

Postur tubuhnya berukuran sedang, dengan panjang sekitar 15 cm, berwarna cokelat dan memiliki ekor yang panjang. Pada bagian dada terdapat coretan hitam. Tubuh atas cokelat, sisi tubuh merah-karat-kekuningan, perut putih-kuning tua, dan alis mata keputihan.

Perenjak gunung lebih banyak ditemukan didaerah Sumatera, terutama dihutan perbukitan dan pegunungan, hutan lumut dan semak sub-alpin, pada rentang ketinggian antara 600-2.500 meter dari permukaan laut (dpl).

2. Ciri-ciri Burung Ciblek Semi/Ciblek Kebun

Burung perenjak jawa/bar-winged prinia (Prinia Familiaris) kerap disebut sebagai ciblek kebun burung ini acapkali terlihat diperkarangan, kebun, dan lahan pertanian.

Panjang tubuhnya sekitar 13 cm, bulu tubuhnya didominasi warna zaitun. Tubuh bagian atas cokelat-zaitun, tenggorokan dan dada bagian tengah putih. Ekornya panjang, dengan garis sayap putih yang khas dengan ujung hitam dan putih.

Beberapa ras ciblek kebun memiliki bagian perut berwarna kuning, putih polos dan putih kekuningan perenjak jawa termasuk burung endemik atau hanya bisa dijumpai di Sumatera, Jawa dan Bali.

3. Ciri-ciri Burung Ciblek Tambak/Ciblek Rawa

Burung perenjak rawa/yellow-bellied prinia (Prinia Flaviventris) memiliki postur tubuh seukuran perenjak jawa (13 cm). Punggungnya berwarna hijau-zaitun, dada putih, perut kuning, dan kepala berwarna abu-abu.

Burung ini banyak ditemukan disekitar rawa gelagah, padang rumput tinggi, dan semak-semak wilayah persebaran meliputi Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

4. Ciri-ciri Burung Ciblek Sawah/Ciblek Padi

Burung perenjak padi/plain prinia (Prinia Inornata) sering disebut ciblek pare atau ciblek sawah, kerena habitatnya selalu tidak jauh dari lahan persawahan.

Postur tubuhnya sedang, atau seukuran burung ciblek gunung (panjang 15 cm), berwarna kecoklatan. Bagian dada dan perut berwarna kuning-tua atau merah-karat. Alis mata putih, paruh atas cokelat, dan paruh bawah merah jambu pucat.

Perenjak padi/ciblek sawah banyak ditemukan didaerah berumput panjang, gelagah, paya-paya, kebun jagung, dan lahan persawahan dipulau Jawa.

5. Ciri-ciri Burung Ciblek Alang-alang

Burung perenjak cokelat/brow prinia atau (Prinia Polychroa), kerap disebut ciblek alang-alang, karena habitatnya di padang alang-alang dan semak rendah dipulau Jawa.

Postur tubuhnya sedang, bercoret cokelat dengan bentuk ekor panjang. Tubuh bagian atas berwarna cokelat dengn coretan/berbintik. Tubuh bawah kuning-tua, dada abu-abu, sisi tubuh dan paha berwarna cokelat.

Itulah 5 jenis burung ciblek yang sudah dikenal pada kicaumania di Indonesia dan semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar